OPTIMALISASI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 36 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010-2011

HATHOB, UMRA (2010) OPTIMALISASI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 36 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FD BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Tahap persiapan pada siklus I sudah cukup baik dan hanya perlu melengkapi media. Tahap pelaksanaan pada siklus I sudah baik juga, guru hanya perlu lebih banyak memberikan bantuan kepada pemeran dan menghentikan bermain peran saat puncak. Penutup pada siklus I sudah dilaksanakan dengan baik dan hanya perlu dipertahankan pada pembelajaran berikutnya. Kekurangan yang nampak pada siklus I sudah diperbaiki pada siklus II sehingga pembelajaran yang dibawakan oleh guru sudah Optimal. Prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan 75%. Pada siklus II meningkat menjadi 79 dengan persentase ketuntasan 79%. Peningkatan tersebut sejalan dengan peningkatan kinerja guru. Dengan demikian maka optimalisasi metode role playing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas V SDN 36 Cakranegara tahun ajaran 2010-2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Optimal,Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:25
Last Modified: 25 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item