OPTIMALISASI PEMBERIAN TUGAS MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SDN 2 DASAN GERES TAHUN AJARAN 2009/2010

SURYANINGSIH, SURYANINGSIH (2010) OPTIMALISASI PEMBERIAN TUGAS MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SDN 2 DASAN GERES TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HALAMAN DEPAN - ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat menuntut adanya upaya perbaikan kualitas pendidikan secara kontinu. Kenyataan di lapangan juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, salah satu diantaranya adalah mata pelajaran matematika. Hal ini terjadi pada siswa kelas V SDN 2 Dasan Geres pada materi pokok operasi hitung pecahan. Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut belum maksimal, dikarenakan siswa seringkali melakukan penipuan diri dimana mereka hanya meniru hasil pekerjaan orang lain dan adakalanya tugas tersebut dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberian tugas model problem posing yang optimal untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok operasi hitung pecahan di kelas V SDN 2 Dasan Geres. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan mengoptimalkan pemberian tugas model problem posing untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjeknya adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Sedangkan pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta evaluasi berupa tes uraian tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan yang diharapkan yakni pelaksanaan pembelajaran terlaksana secara optimal sampai mencapai 100% dan nilai siswa mencapai 75 dengan rata-rata prestasi belajar siswa ≥ 75. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III berturut-turut 2,8; 3,4; 3,8; yang memilki katagori aktif, sangat aktif dan sangat aktif. Rata-rata skor hasil evaluasi siswa masing-masing sebesar 69,2 (siklus I); 75,7 (siklus II); dan 89 (siklus III). Hasil ini menunjukkan bahwa optimalisasi pemberian tugas model problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Dasan Geres tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model problem posing, prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:25
Last Modified: 25 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item