PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR van HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 26 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

AENUDIN, AENUDIN (2010) PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR van HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 26 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I - III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pada pokok bahasan geometri, serta kurangnya motivasi dan minat siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran pendekatan yang digunakan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah kemudian memberikan latihan soal untuk dikerjakan secara kelompok tanpa memerhatikan kondisi siswa. Siswa hanya dijadikan sebagai objek dalam pembelajaran yang hanya menerima dan mencatat penjelasan dari guru. Hal ini mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menerapakan suatu teori belajar yang menempatkan siswa sebagai subyek dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Oleh karena itu, peneliti menerapkan teori belajar van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 26 Mataram tahun pelajaran 2009/2010 pada pokok bahasan bangun ruang melalui penerapan teori belajar van Hiele. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui evaluasi belajar, data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan data aktivitas guru diperoleh melalui lembar observasi kegiatan guru. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah skor aktivitas siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata skor aktivitas belajar siswa 13,05 berkategori aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata 74,64 dengan ketuntasan belajar 64,56%. Sedangkan hasil penelitian siklus II meliputi rata-rata skor aktivitas belajar siswa 15,3 berkategori sangat aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata 79,67 dengan ketuntasan belajar 81,09%. Sedangkan Hasil penelitian siklus III meliputi rata-rata skor aktivitas belajar siswa 17,3 tergolong pada kategori sangat aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata 87,48 dengan ketuntasan belajar 89,18%. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Van Hiele pada materi bangun ruang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 26 Mataram tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teori belajar van Hiele, Aktivitas dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:25
Last Modified: 25 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6798

Actions (login required)

View Item View Item