PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 2 GERIMAX INDAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

S U H A R N I, S U H A R N I (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 2 GERIMAX INDAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Lampiran Foto Skripsi.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
PTK Suharni NHT.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif menghendaki agar siswa mampu berperan aktif dalam pembelajaran, dan situasi pembelajaran yang tercipta merupakan situasi yang PAKEM. Pembelajaran kooperatif yang dilakukan selama ini di SDN 2 Gerimax Indah masih didominasi oleh siswa yang pintar sehingga diskusi tidak terasa”hidup.” Akibatnya prestasi belajar siswa masih rendah yang ditandai dengan rendahnya ketuntasan kelas. Penulis memperbaiki cara pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan menerapkan Model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada tugas masing-masing anggota kelompok, sehingga setiap anggota kelompok bertanggungjawab terhadap tugasnya dan aktif dalam pembelajaran. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Apakah Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan Prestasi belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 2 Gerimax Indah Tahun pelajaran 2010/2011.” Dalam penelitian telah ditetapkan indikator keberhasilan akhir yaitu ketuntasan klasikal 85% atau 39 dari 45 siswa mencapai ketuntasan individu. Setelah dilaksanakan penelitian sebanyak 2 siklus, hasil penelitian menunjukkan sebanyak 62,5% siswa mencapai ketuntasan kelas pada siklus I, sedangkan pada siklus II ketuntasan kelas 91,1% = 41 siswa mencapai ketuntasan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa kelas VI SDN 2 Gerimax Indah Tahun pelajaran 2010/2011”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item View Item