PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PARALEL PUZZLE PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEMESTER II KELAS III SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

ARDIANI, ARDIANI (2010) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PARALEL PUZZLE PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEMESTER II KELAS III SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI ARDIANI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan bumi dan alam semesta siswa semester II kelas III dengan menerapkan media pembelajaran berupa permainan paralel puzzle. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran paralel puzzle pokok bahasan bumi dan alam semesta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA semester II kelas III. Data di analisis dengan metode deskriptif dan metode infrensial yaitu angka rata-rata prosentase dan t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata siswa 5,75 dan setelah penelitian terjadi peningkatan menjadi 8,24. Untuk skor aktivitas siswa dari 20,5 menjadi 23,87 pada siklus II dengan kategori sangat aktif. Sedangkan nilai skor rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan dari 6,93 menjadi 8,24, demikian juga dengan KKM dari 75,86% menjadi 93,10% sehingga penelitian dianggap sudah dapat terlaksana karena telah mencapai ketuntasan yang diharapkan. Karena nilai t hasil penelitian = 8,25 dan nilai t-tabel dengan d.b 28 dan taraf signifikansi 5% = ±2,048 ini berarti nilai t hasil penelitian signifikan. Maka, perbedaan yang menyakinkan terhadap prestasi belajar siswa sebelum diterapkan dengan media pembelajaran paralel puzzle atau dengan kata lain ada peningkatan yang signifikan prestasi belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran paralel puzzle. Diharapkan bagi guru khususnya supaya bisa menerapkan media yang menarik sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih termotivasi serta prestasi siswa menjadi lebih meningkat yang akhirnya siswa tidak merasa jenuh saat proses belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Paralel Puzzle, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:55
Last Modified: 26 Jul 2018 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6815

Actions (login required)

View Item View Item