PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

HERNAWATI, SRI (2010) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JUDUL PROPOSAL SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas VA di SDN 30 Ampenan. Hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru dalam mengajar monoton. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap siswa mencapai 64,6, sehingga diperlukan metode alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan metode Inquiry dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini “bagaimanakah metode Inquiry diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SDN 30 Ampenan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SDN 30 Ampenan. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menambah wawasan dibidang ilmu pendidikan khususnya dalam menerapkan metode pembelajaran Inquiry. Manfaat bagi siswa dapat memberi kesempatan pada siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar, membina dan mengembangkan sikap indin lebih tahu. Sedangkan manfaat bagi adalah sebagai refrensi tambahan dalam menentukan metode mengajar dan metode Inquiry digunakan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan indikator ketercapaian adalah hasil belajar/ rata-rata kelas mencapai nilai ≥ 65 dan tercapai ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85% mencapai nilai ≥ 65. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil penelitian siklus I dan II menunjukkan rata-rata nilai kelas siswa masing-masing siklus adalah 64,72 dan persentase ketuntasan klasikal 63,89% pada siklus I, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II mencapai 80 dengan persentase ketuntasan klasikak 86,11%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian pembelajaran dengan menerapkan metode Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SDN 30 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inquiry, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:43
Last Modified: 26 Jul 2018 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item