PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 02 MENINTING TAHUN AJARAN 2009/2010

Gunawan, Rikha Arif (2010) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 02 MENINTING TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III,IV,V ACC.doc
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V di SDN 02 Meninting. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Sementara itu metode yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti alur PTK, yang terdiri dari 2 siklus, dengan alur penyusunan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu instrumens penilaian proses dan hasil serta hasil observasi guru untuk melihat sejauh mana tingkat penggunaan RRP yang telah digunakan peneliti. Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa. Nilai rata-rata kelas hasil penilaian proses siswa pada siklus I yaitu sebesar 68,82 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 54,28% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 19 orang. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat mencapai 74,52 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 77,14% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 orang. Sedangkan untuk penilaian hasil siswa pada siklus I yaitu sebesar 69,73 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 57,14% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 orang. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat mencapai 73,08 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 80% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Meninting dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan, Keterampilan Berbicara, Bermain peran (Role playing)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:55
Last Modified: 26 Jul 2018 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6826

Actions (login required)

View Item View Item