PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TEORI PEMBELAJARAN BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GEOMETRI PADA SISWA KELAS IV SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010

MUTIAWATI, MUTIAWATI (2010) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TEORI PEMBELAJARAN BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GEOMETRI PADA SISWA KELAS IV SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUTIAWATI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 48 Cakranegara adalah kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, terlihat dari pasifnya siswa di dalam kelas ketika guru menyampaikan materi. Sehingga pembelajaran yang terjadi hanya satu arah, dari guru ke siswa. Selain itu, rata-rata nilai ujian semester I tahun ajaran 2009/2010 masih sangat rendah dan dibawah 60. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru memperbaiki sistem pembelajaran, dengan menerapkan metode Demonstrasi berbasis Teori Belajar Bruner. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 48 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapan metode demonstrasi berbasis teori Belajar Bruner pada pokok bahasan Geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 48 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 37 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes dalam bentuk isian pada akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi siklus I dan II diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 14 dan pada siklus II sebesar 16,85 yang berkategori sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa pada siklus I sebesar 64,44 dan pada siklus II sebesar 85,13. Demikian pula untuk persentase ketuntasan belajar klasikal berdasarkan KKM yang ditetapkan yaitu 55. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas IV SDN 48 Cakranegara yaitu 80,55% dan pada siklus II sebesar 89,18%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbasis teori pembelajaran Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Geometri tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Demonstrasi, Teori Belajar Bruner, Aktivitas, Prestasi Belajar, Geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:57
Last Modified: 29 Jul 2018 23:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item