PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 4 CAKRANEGARATAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURMIA AULIA, NURMIA AULIA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 4 CAKRANEGARATAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru kelas IV SDN 4 Cakranegara dalam proses pembelajaran masih bersifat teacher center. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan true eksperimental design tipe pre-test-post-test control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling tipe simple random sampling. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV/B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV/A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata (post-test) hasil belajar IPA siswa kelas IV/Bdengan menerapkan model pembelajaranArtikulasi adalah 75,27. Sedangkan nilai rata-rata (post-test) hasil Belajar IPA siswa kelas IV/A dengan menerapkan model pembelajaran konvensional adalah 65,55. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang menerapkan model pembelajaran Artikulasi dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan uji t-test polled varians, diperoleh hasil thitung > ttabel (3,317 >2,050) pada taraf kepercayaan 95%. Serta berdasarkan uji N-Gain dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara yang menggunakan model pembelajaran artikulasi sebesar 0,396 dan berkategori sedang pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional didapat rata-rata peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,226 dan berkategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model PembelajaranArtikulasi, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:56
Last Modified: 29 Jul 2018 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6845

Actions (login required)

View Item View Item