PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 SESAOT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

IDAYANTI, IDAYANTI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 SESAOT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL IDAYANTI E1E214042.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Sesaot yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV di SDN 2 Sesaot Tahun 2018 yang berjumlah 58 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi dan tes. Tes digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan hasil belajar matematika siswa sementara observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperloeh kemudian diuji dengan menggunakan uji t (t- polled varian) untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar matetmatika siswa. Berdasarkan hasil post- test diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen adalah 72,844 dan kelas kontrol adalah 72,318. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 0,267, dan ttabel 2,398 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui thitung < ttabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ho dinyatakan diterima dan Ha dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Sesaot tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inside Outside Cicrle, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:56
Last Modified: 29 Jul 2018 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item