PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK PECAHAN SISWA KELAS VB SDN 24 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Hartono, Lalu Budi (2010) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK PECAHAN SISWA KELAS VB SDN 24 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1 - 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas Vb SDN 24 Ampenan. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan masih berorientasi pada guru (ceramah) dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok pecahan siswa kelas Vb SDN 24 Ampenan tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode Inquiry. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan indikator keberhasilan adalah hasil belajar / rata-rata kelas mencapai nilai ≥ 65 dan tercapai ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85% siswa mencapai nilai ≥ 65. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil penelitian siklus I, II dan III menunjukkan rata-rata nilai kelas siswa masing-masing siklus adalah 61,52 dengan persentase ketuntasan klasikal 61,29%; 65,42 dengan persentase ketuntasan klasikal 74,19% dan 70,23 dengan persentase ketuntasan klasikal 87,10%. Ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Dengan demikian penerapan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok pecahan siswa kelas Vb SDN 24 ampenan .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inquiry, Hasil belajar pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:56
Last Modified: 29 Jul 2018 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6856

Actions (login required)

View Item View Item