PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 10 MATARAM 2010/2011

MUDENA, MUDENA (2010) PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 10 MATARAM 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I-V& Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil Implementasi dari semua siklus, diketahui bahwa pada siklus kedua ( terakhir) data telah menunjukkan: a. Proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi pembelajaran membaca pemahaman dengan penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan motivasi, aktifitas, kreatifitas, intraksi antar siswa untuk menuangkan perasaan, informasi, dan pengalamannya dalam bentuk membaca cerita anak dengan cara berdiskusi kelas, berdiskusi kelompok maupun secara individu. Siswa dapat lebih mudah dan lebih cepat menemukan tema cerita, pembuka cerita, tokoh cerita, latar cerita, alur cerita, dan penutup/ending atau kesan cerita tanpa bantuan guru. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian membaca cerita anak siswa pada siklus I nilai rata-rata perolehan siswa kelas V B SDN 10 Mataram adalah 69,67 artinya nilai yang belum mecapai nilai KKM (70), sedangkan nilai perolehan siswa pada siklus II adalah nilai rata-rata 79,40 artinya sudah mengalami kenaikan sebanyak 9,73% dan lebih tinggi dari nilai KKM (70). Untuk prosentase nilai ketuntasan pada siklus I siswa yang tuntas 63,63%, sedangkan pada siklus II prosetase siswa tuntas 87,87 %, prosentase kenaikan siswa tuntas 24,24 %. Hal ini berarti melebihi prosentase ketercapaian (80%). Dari hasil tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dari tiga siklus yang direncanakan dan penelitian di hentikan. b. Proses Pembelajaran membaca pemahaman menemukan unsur cerita anak dengan penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 10 Mataram 2010/2011 meningkat dengan perbandingan T hitung T hitung 1,70 dan t tabel (0,05)=0,167 berarti t hitung > dari t tabel (0,05), sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan signifikan antara hasil Postes dengan penerapan metode SQ3R skor tinggi (X1) dan sebelum diterapkan skor terendah (X2). Hal ini dapat disimpulkan bahwa intrumen tersebut valid.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan metode SQ3R
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:56
Last Modified: 29 Jul 2018 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6859

Actions (login required)

View Item View Item