PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KPK DAN FPB SEMESTER I KELAS V SDN 12 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

MARIANI, MARIANI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KPK DAN FPB SEMESTER I KELAS V SDN 12 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DATA SKRIPSI MARIANI..doc
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan selama ini belum berorientasi pada siswa. Guru masih bertindak sebagai pemberi ilmu dan siswa sebagai penerima yang pasif. Sehingga prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa masih rendah, khususnya pada kelas V SDN 12 Ampenan. Selain itu juga model pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai dan belum mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada pokok bahasan KPK dan FPB siswa semester I kelas V SDN 12 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. Adapun model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini adalah model pembelajaran konstruktivistik. Apakah penerapan model pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan KPK dan FPB ? Peneliti melakukan tiga siklus dalam penelitian ini yang masing- masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil yang diperoleh setelah penerapan model pembelajaran ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas siswa setiap pertemuan untuk setiap siklus. Rata- rata skor hasil evaluasi siswa juga mengalami peningkatan setiap siklus. Pada sikus I rata- rata skor hasil evaluasi 62.23 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55, 26%. Setelah melakukan refleksi siklus I, maka dilakukan beberapa perbaikan dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus II. Sehingga rata-rata skor hasil evaluasi 69,41 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal 81,49%. Pada siklus II tingkat ketuntasan belajar belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan yaitu tingkat ketuntasan 85% sehingga pada siklus II juga diadakan refleksi dari hasil observasi pembelajaran. Hasil refleksi II dijadikan perbaikan-perbaikan pada siklus III. Setelah proses pembelajaran dilakukan pada siklus III terjadi peningkatan skor hasil evaluasi yaitu rata-rata skor hasil evaluasi mencapai 77,04 dengan tingkat ketuntasan 85,19%. Dengan tercapainya ketuntasan belajar 85,19% model pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada pokok bahasan KPK dan FPB siswa semester I SDN 12 Ampenan thn pelajaran 2010/2011.Namun bagi guru atau pihak lain yang ingin menerapkan model pembelajaran konstruktivistik ini pada pokok bahasan lain diharapkan untuk lebih memperhatikan langkah- langkah pembelajarannya dan mengacu pada kekurangan dan langkah perbaikan yang dilakukan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Konstruktivistik, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:55
Last Modified: 29 Jul 2018 23:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item View Item