PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 01 MEKARSARI TAHUN AJARAN 2009/2010

HERMAYANA, IDA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 01 MEKARSARI TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil bel. siswa pada mata pel. IPS kelas v - Ida Hermayana.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh guru masih menerapkan metode pembelajaran yang konvensional, sehingga mata pelajaran IPS dianggap pembelajaran yang membosankan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 01 Mekarsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas V SDN 01 Mekarsari yang berjumlah 27 orang siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes sedangkan data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisi dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67 dengan prosentase ketuntasan sebesar 60% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 orang. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,65 dengan ketuntasan sebesar 73,07% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 orang. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,11 dengan ketuntasan sebesar 81,48 % dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Mekarsari tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:54
Last Modified: 29 Jul 2018 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item