PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI POKOK UNSUR-UNSUR CERITA KELAS VI SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

UTARI, YULIANA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI POKOK UNSUR-UNSUR CERITA KELAS VI SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I PERUBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 SANDIK pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena berdasarkan hasil observasi, rata-rata prestasi belajar siswa tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada akhir semester II yaitu 56,45. Selain itu interaksi antar siswa dengan guru juga kurang, sehingga siswa kurang respon dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini disebabkan karena cara mengajar guru yang masih monoton dan kurang aktif. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode Make a Match. Model pembelajaran make a match adalah model pembelajaran yang dirancang khusus untuk mengetahui pola interaksi siswa. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 SANDIK.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdapat tahapan-tahapan yang ditempuh yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan data prestasi siswa dengan menggunakan tes. Selanjutnya data itu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor siswa yaitu lebih besar dari 60 dan ketuntasan klasikalnya tercapai apabila minimal 85% siswa mendapat skor lebih besar dari 60.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil evaluasi belajar siswa siklus I 70,55 menjadi 73,88 pada siklus II sehingga porsentase ketuntasan belajar siswa 83,33 % pada siklus I menjadi 94,44 % pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu skor rata-rata aktivitas belajar siswa diperoleh 3,2 dengan kategori aktif pada siklus I dan 3,3 dengan kategori aktif pada siklus II. Sedangkan skor rata-rata kegiatan mengajar guru diperoleh 2,85 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,1 dengan kategori sangat baik pada siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa kelas VI SDN 3 SANDIK Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran, make a match, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:54
Last Modified: 29 Jul 2018 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item