Ridho, Abdurrasyid (2018) MEDIA PETA DAN ATLAS (PA) DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Eksperimen intact-Group Comparison Design terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 06 Cakranegara Tahun2016). S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
jurnal skripsi.pdf Download (580kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan tentang perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang di tinjau dari penggunaan Media Peta dan Atlas pada Kelas IV di SDN 6 Cakranegara Tahun 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan pemanfaatan media peta dan atlas (PA) adalah 66,61 (lebih tinggi). Sedangkan nilai rata-rata Hasil Belajar IPS siswa tanpa media peta dan atlas (Non PA) adalah 55,54 (lebih rendah). Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang menggunakan media peta dan atlas (PA) dengan hasil belajar IPS siswa yang tidak menggunakan media peta dan atlas (Non PA) yang ditunjukkan dengan uji t-tes antara hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan media PA dan Non PA adalah 2,492 pada taraf signifikasin 5% dengan nilai thitung > tkritik (2,492 > 1,96) yang berarti bahwa hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan media peta dan atlas (PA) dan hasil belajar tanpa menggunakan media peta dan atlas (Non PA) memiliki perbedaan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Media Peta dan Atlas, dan Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2018 23:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2018 23:54 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6895 |
Actions (login required)
View Item |