Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Batu Mekar Tahun 2009/2010. Dosen pembimbing I : Dr. Harry Soeprianto, M.Si. Dosen pembimbing II : Drs. Moh. Yusuf, M.Sc.Ed

NURSIAH, NURSIAH (2010) Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Batu Mekar Tahun 2009/2010. Dosen pembimbing I : Dr. Harry Soeprianto, M.Si. Dosen pembimbing II : Drs. Moh. Yusuf, M.Sc.Ed. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
10. BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar tahun 2009/2010. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh dalam penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar tahun 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar yang berjumlah 10 orang, sedangkan data penelitian meliputi: aktivitas isswa dan prestasi hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pengumpulan data : (1) observasi, (2) tes hasil belajar kemudian data dianalisis dengan teknik kuantitif deskriptif. Penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dilaksanakan melalui tahap-tahap : 1) pendahuluan, 2) penciptaan dan pengembangan model simbolis, 3) penjelasan dan alasan, 4) penutup atau penerapan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, II, dan III adalah 2,005; 3,06 dan 3,49 dengan kategori kurang aktif, aktif, dan sangat aktif. Sementara itu, rata-rata nilai hasil evaluasi pada siklus I, II, dan III adalah 38,0; 61,2; 82,6. Dari hasil evaluasi diperoleh peningkatan nilai rata-rata siklus I ke siklus II signifikan dan siklus II ke siklus III juga signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun pelajaran 2009/2010. Bagi mahasiswa atau pihak-pihak yang ingin meneliti lebih lanjut tentang model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) disarankan untuk mencoba pada materi lain dengan menjadikan kekurangan-kekurangan yang terjadi pada penelitian ini sebagai bahan perbaikan agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi belajar, Realistic Mathematic Education (RME)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:54
Last Modified: 29 Jul 2018 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item