PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GERAK BENDA KELAS III DI SDN 3 PENUJAK LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2009/2010

SUPRATIWI, BAIQ (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GERAK BENDA KELAS III DI SDN 3 PENUJAK LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPA siswa SDN 3 Penujak khususnya kelas III. Salah satu penyebabnya karena siswa banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Akibatnya berdampak pada pencapaian nilai akademik siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan aktivitas serta prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran terpadu pada pelajaran IPA pokok bahasan gerak benda kelas III SDN 3 Penujak Lombok Tengah Tahun Ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi sampai tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Penujak dengan jumlah siswa 36 orang, 23 laki-laki dan 13 perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Indikator ketercapaian penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa bisa mencapai nilai KKM 70 dan dengan ketuntasan klasikal 85 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II juga meningkat dari 62,2 menjadi 80,9. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan dari 63 % menjadi 88,8 %. Sementara itu, skor aktivitas belajar siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dan II adalah 79% dan 87,5% dengan katagori aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan proses dan aktivitas serta prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan gerak benda kelas III SDN 3 Penujak Lombok Tengah Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model, Pembelajaran, Terpadu, Prestasi, Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:53
Last Modified: 29 Jul 2018 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item