Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAKelas VI SDN 1 Mambalan Tahun 2010/2011

HAERANI, SRI (2010) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAKelas VI SDN 1 Mambalan Tahun 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SRI PTK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif teknik STAD. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN 1 Mambalan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan data tes hasil belajar siswa.. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 80% dan meningkatnya nilai rata-rata kelas 75. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketuntasan secara klasikal 78,57 % dan nilai rata-rata kelas 78,93, sedangkan pada siklus II ketuntasan secara klasikal 92,86% dan nilai rata-rata kelas 89,6. Hal ini menunjukkan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal 80% dan rata-rata kelas 75. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN 1 Mambalan tahun 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:53
Last Modified: 29 Jul 2018 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item