PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI B SDN 37 CAKRANEGARA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

S U H A E M I, S U H A E M I (2010) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI B SDN 37 CAKRANEGARA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI PTK.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran IPA disebabkan oleh sistem pembelajaran yang masih konvensional sehingga membawa dampak rendahnya prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Berkenaan dengan hal tersebut maka, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Peneliti melakukan penelitian terhadap suatu pembelajaran dengan menggunakan penelitian tindakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Untuk pertemuan pertama dan kedua masing-masing dilaksanakan 3 x 35 menit dan pertemuan ketiga dilaksanakan 1 x 35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tempat penelitian dilakukan di SDN 37 Cakranegara Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas VI B yang berjumlah 25 orang siswa. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila prestasi belajar siswa telah mencapai nilai KKM ≥ 70 atau minimal 85% dari jumlah siswa yang tuntas. Hasil analisis data yang diperoleh adalah skor rata-rata hasil evaluasi kognitif siswa pada siklus I dan II, masing-masing sebesar 76 dan 85,20 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dimana siklus I sebesar 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada aspek psikomotorik juga terjadi peningkatan yang sangat signifikan, hal ini didasarkan pada skor rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 78,96 pada siklus I meningkat menjadi 88,36 pada siklus II, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 72% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Jadi setelah menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) maka Prestasi Belajar IPA, Siswa Kelas VI B SDN 37 Cakranegara Kota Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011 meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan CTL, Prestasi Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item View Item