PENERAPAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2009/2010

Ningra, Wiwit (2010) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIWIT.doc
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Karakteristik siswa kelas IV di SDN 1 GONDANG yang pasif dan cenderung individualis, mengakibatkan komunikasi dalam proses belajar mengajar berlangsung satu arah dan tidak seimbang, sehingga siswa kurang termotivasi untuk terlibat aktif dalam proses mendapatkan suatu konsep atau prinsip dari materi yang dipelajarinya. Akibatnya, aktivitas dan prestasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 GONDANG yang berjumlah 34 siswa. Pembelajaran dengan pedekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) ini menekankan pada aktivitas siswa untuk bekerjasama dengan kelompok, menemukan suatu konsep, prinsip atau hubungan antar konsep materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa dan mengemukakan setiap penemuan tersebut, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator dan pembimbing dalam setiap kegiatan yang dilakukan siswa. Dalam pelaksanaannya siswa melakukan diskusi kelompok dan serangkaian percobaan bersama kelompoknya untuk menemukan suatu konsep dan prinsip dalam materi yang diajarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan rata-rata skor prestasi belajar siswa minimal 65 dan presentasi ketuntasan belajar siswa minimal 85 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I, II, dan III adalah 19,28, 26,09, dan 29,61 dengan kriteria cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Rata-rata skor prestasi belajar siswa pada siklus I, II, III adalah 61,97, 65,72, dan 69,84. sedangkan presentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus I, II, III yaitu 42,42 %, 65,63% dan 87,50%. Hal ini berarti bahwa penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa pendekatan CTL (Contextual Teacing and Learning) dapat menigkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok luas dan keliling bangun datar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan CTL, Aktivitas, dan Prestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6923

Actions (login required)

View Item View Item