PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN BENTUK ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN 38 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

JAYADI, ARMADA DODI (2010) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN BENTUK ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN 38 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAGIAN ISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Berpijak dari adanya pendapat diatas guru sebagai tenaga pengajar, khususnya guru kelas IV dalam mata pelajaran IPA di SDN 38 Mataram harus kreatif menciptakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : “Bagaimanakah Penerapan Keterampilan Proses Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 38 Mataram”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bentuk energi panas san energi bunyi pada siswa kelas IV SDN 38 Mataram tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata aktivitas setiap siswa pada siklus I adalah 65 dan tergolong cukup aktif sedangkan hasil evaluasi ketuntasan belajar siswa secara klasikal 65,62% belum memenuhi indikator kerja yang telah ditentukan yaitu minimal 85% siswa yang mendapat nilai 75. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan bahwa rata - rata aktivitas siswa adalah 85, berdasarkan kriteria penggolongan aktivitas siswa tergolong sangat Aktif, dan aktivitas guru tergolong sangat baik, sedangkan hasil evaluasi 87,5%, nilai ini menunjukkan telah memenuhi syarat ketuntasan belajar yang telah ditetapkan kurikulum yaitu minimal 85% siswa yang mendapat nilai 75. Jadi ketuntasan belajar siklus II telah tercapai. Jadi dapat diketahui bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses merupakan salah satu alternatif yang diterapkan guru dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep materi pelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar dan Pendekatan Keterampilan Proses.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item