PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEMESTER 2 KELAS IV DI SDN 34 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

RAHMANIDA, BAIQ EMA (2010) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEMESTER 2 KELAS IV DI SDN 34 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 123.doc
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

BAIQ EMA Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa semester 2 kelas IV dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivistik. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 28 siswa yang digunakan sebagai subyek penelitian. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar baik untuk sebelum tindakan dilakukan maupun setelah dilakukan. Sedangkan data untuk mencari perbedaan antara sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivistik peneliti menggunakan uji t-Test. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai akhir skor aktivitas siswa dari siklus I 20,5 menjadi 26,37 pada siklus II dengan kategori sangat aktif, sedangkan nilai skor rata-rata hasil evaluasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan dari 67,39 menjadi 76,57, demikian juga dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 71,42% menjadi 89,28% sehingga penelitian dianggap sudah dapat terlaksana karena telah mencapai ketuntasan yang diharapkan, karena nilai t hasil penelitian = 5,52 dan nilai t tabel dengan d.b 27 dan taraf signifikansi 5% = 2,052, ini berarti nilai t hasil penelitian signifikan. Maka perbedaan yang meyakinkan hasil belajar siswa sebelum diterapkan dengan pendekatan pembelajaran konstruktivistik atau dengan kata lain ada peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivistik. Diharapkan pula kepada para tenaga pengajar dapat menerapkan konstruktivistik sebagai alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konstruktivistik, perkembangan teknologi, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6926

Actions (login required)

View Item View Item