PENERAPAN PERMAINAN KARTU BERPADANAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SAINS FISIKA ELEMENTER MATA PELAJARAN SAINS SISWA SEMESTER II KELAS IV SDN 5 JEMBATAN KEMBAR TAHUN AJARAN 2009/2010

SARI, KOMALA (2010) PENERAPAN PERMAINAN KARTU BERPADANAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SAINS FISIKA ELEMENTER MATA PELAJARAN SAINS SISWA SEMESTER II KELAS IV SDN 5 JEMBATAN KEMBAR TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINISH.docx
Restricted to Registered users only

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa semester II kelas IV SDN 5 Jembatan Kembar tahun ajaran 2009/2010. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan permainan kartu berpadanan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila nilai > 65 dan tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil evaluasi belajar siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 44,52 dengan presentase ketuntasan 26,92%, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 71,52 dengan presentase 88,46%. Dari hasil observasi diperoleh jumlah skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 12,31 (cukup aktif), pada siklus II jumlah skor aktivitas siswa 16,31 (aktif). Hasil uji t diperoleh (thitung ) 6,203 dan ( ttabel ) diperoleh yaitu 2,060. Dari data tersebut berarti ( thitung ) > ( ttabel ). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan permainan kartu berpadanan. Dengan melihat hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kartu berpadanan dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan, Kartu Berpadanan, Sains Fisika Elementer.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item