PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 1 KELAYU UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

ARIYANI, DEWI PEBRINA (2010) PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 1 KELAYU UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas IV SDN 1 Kelayu Utara pada tanggal 14 september 2009, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru sudah berupaya memperbaiki kondisi pembelajaran, namun aktivitas dan prestasi belajar siswa tetap tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi ini dapat dilihat dari nilai rata–rata ulangan harian semester II kelas IV SDN 1 Kelayu Utara masih ada yang dibawah 65,0. Permasalahan diatas disebabkan oleh ketidaksiapan siswa dalam menerima materi, kurang mempelajari kembali materi dan timbulnya kesan sulit terhadap materi yang baru diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Matematika melalui penerapan teori belajar Bruner di kelas IV SDN 1 Kelayu Utara tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kelayu Utara tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes uraian tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar dikatakan telah meningkat apabila skor aktivitas siswa secara klasikal minimal dalam kategori aktif dan ada peningkatan skor aktivitas dalam setiap siklusnya. Prestasi belajar dikatakan telah meningkat apabila rata–rata skor hasil evaluasi yang diperoleh siswa minimal 65,0 dan ada peningkatan dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 19, 17 dan 22 yang memilki katagori aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II masing-masing sebesar 73, 1 dan 82, 8. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN 1 Kelayu Utara tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teori Belajar Bruner, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item View Item