HAYATI, HAFSAH (2010) PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1V SDN 1 JATISELA LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Hafsah Hayati, EIE 006 093.rtf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Jatisela Lombok Barat. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran guru kurang memvariasikan metode mengajar dan hanya berpusat pada metode ceramah. Sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang menarik yang akhirnya mengakibatkan siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Adapun penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Jatisela Lombok Barat tahun 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 2 kali pertemuan. Dengan jumlah siswa 38 orang diantaranya, 19 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa sebelum melakukan penelitian. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I adalah 61,11 dengan ketuntasan belajar 60,52 % mengalami peningkatan menjadi 66,0 dengan ketuntasan belajar siswa 76,31 % pada siklus II. Jadi dapat dismpulkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Jatisela Lombok Barat Tahun 2009/2010.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Teori Belajar Bruner, Prestasi Belajar, dan Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2018 23:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2018 23:52 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6933 |
Actions (login required)
View Item |