PENERAPAN TEORI BELAJAR DIENES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 LEMBAR TAHUN AJARAN 2009/2010

Astuti, Baiq Sri Puji (2010) PENERAPAN TEORI BELAJAR DIENES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 LEMBAR TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BQ.POPO.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada masih kurangnya inovatif dan kreatif guru matematika kelas V SDN 2 Lembar dalam mencari dan menemukan metode pembelajaran yang dapat merangsang motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran hanya lebih didominasi oleh guru atau guru lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Selain itu interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain juga masih kurang kondusif dan tidak ada inisiatif dari siswa yang lain untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada guru. Dari 44 orang jumlah siswa-siswi kelas V SDN 2 Lembar, untuk nilai ulangan hariannya adalah 5,50. Ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)nya 60, berarti hasil ini dapat dikatakan belum memenuhi KKM. Sehingga untuk mengatasi masalah pembelajaran di atas, peneliti mencoba menerapkan teori belajar Dienes dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Lembar tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh yaitu berupa data kuantitatif yang didapat dengan cara memberikan tes prestasi belajar siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari aktivitas siswa dan data pelaksanaan pembelajaran oleh guru diambil dengan menggunakan lembar observasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan menerapkan teori belajar Dienes diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 52. untuk aktivitas siswa skor rata-rata sebesar 7,83 tergolong dalam kriteria cukup aktif sedangkan untuk skor pelaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 2,91 dengan kriteria cukup baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 77,0. Untuk aktivitas siswa skor rata-rata sebesar 17,3 tergolong dalam kategori sangat aktif sedangkan untuk skor pelaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 3,93 dengan kriteria baik. Analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Dienes dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Lembar tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teori belajar Dienes, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item