PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER II SDN MANGGONG TAHUN AJARAN 2009/2010

NURMAYANTI, TETI (2010) PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER II SDN MANGGONG TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2,3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas 1 SDN Manggong disebabkan oleh guru yang kurang menguasai metode pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran. Hal inilah yang menyebabkan siswa kurang antusias dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa serta sebagai masukan dan acuan bagi para guru. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manggong dengan jumlah siswanya 35 orang, 17 perempuan dan 18 laki-laki. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklus memiliki tahapan-tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila hasil hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85% dan aktivitas belajar mengalami peningkatan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa dalam dua siklus selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dan II adalah 82,7% dan 85,7% dengan kategori aktif dan sangat aktif. Sementara itu, peningkatan prestasi belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan II adalah 68,6% dan 91,4%. Dari prestasi belajar diperoleh peningkatan nilai ketuntasan secara klasikal siklus I ke siklus II signifikan. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan asli pada siswa kelas I semester II SDN Manggong tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi, Belajar, Teori, Bruner.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:51
Last Modified: 29 Jul 2018 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6935

Actions (login required)

View Item View Item