RANCANG BANGUN PROTOTYPE V ENGINE DENGAN SISTEM MOTOR SOLENOID MENGGUNAKAN EMPAT PISTON DAN EMPAT SILINDER

ISKANDAR, DEDY (2016) RANCANG BANGUN PROTOTYPE V ENGINE DENGAN SISTEM MOTOR SOLENOID MENGGUNAKAN EMPAT PISTON DAN EMPAT SILINDER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
DEDY ISKANDAR F1B110005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, dilakukan rancang bangun prototype V Engine dengan sistem motor solenoid menggunakan empat piston dan empat silinder yang lebih ramah lingkungan dan dari segi mekanik lebih sederhana untuk meminimalisir emisi kendaraan bermotor dengan cara mengganti sistem pembakaran pada motor bakar dengan sistem medan elektromagnetik. Piston yang digunakan adalah magnet permanen Neodymium Iron Boron (NdFeB) untuk mencari gaya tolak yang dihasilkan dengan tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah putaran motor dan torsi yang dihasilkan semakin besar, sehingga efisiensi yang dihasilkan juga semakin besar pada prototype V engine dengan sistem motor solenoid menggunakan empat piston dan empat silinder. Hasil pengujian pada rancangan V engine dengan sistem motor solenoid mengunakan empat piston dan empat silinder menghasilkan rapat fluks magnet maksimum sebesar 313,12 pada tegangan 15 V dan arus 5,5 A menghasikan kuat medan magnet 249,29 Am, gaya tolak magnet sebesar 0,0160 N dengan kecepatan putar maksimum 3705 Rpm dan torsi 0,637 Nm dengan efisiensi yang dihasilkan 52,44 %. Sehingga nilai efisiensi rata-rata sebesar 31,59 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): V Engine, Motor Solenoid, Neodymium Iron Boron (NdFeB), Torsi dan Efisiensi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:27
Last Modified: 31 Jul 2018 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item