Penggunaan Alat Peraga Kartu Gambar Benda-Benda Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas I SDN 1 Bagik Polak Tahun Pelajaran 2010/2011

AMR, KHAIRIL (2010) Penggunaan Alat Peraga Kartu Gambar Benda-Benda Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas I SDN 1 Bagik Polak Tahun Pelajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
B A B I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Pencapaian nilai ulangan harian kelas I SDN 1 Bagik Polak belum mencapai standar ketuntasan. Rendahnya nilai matematika siswa dipengaruhi oleh kurangnya minat belajar matematika siswa. Di samping itu juga dari faktor guru yang kurang memanfaatkan Alat Bantu Pelajaran (ABP) matematika dan belum mengggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan sehingga memicu siswa tidak menyukai matematika sehingga suasana pembelajaran yang terjadi kurang menarik dan menyebabkan aktivitas belajar siswa sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 melalui penggunaan alat peraga kartu gambar benda-benda konkret dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri atas 1 kali pertemuan. Pada akhir penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I, II, III masing-masing dengan kategori aktivitas tinggi pada siklus I, sangat tinggi pada siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, II, III masing-masing 78,82; 80; 83,53. Prestasi belajar siswa siklus I, II, III dengan ketuntasan masing-masing 70,59%; 88,24%; 94,12% Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kartu gambar benda–benda konkret dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 di kelas 1 SDN I Bagik Polak Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penggunaan alat peraga kartu gambar benda-benda konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:25
Last Modified: 31 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7032

Actions (login required)

View Item View Item