PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIK – MANIK BERTANDA PADA PEMBELAJARAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2009/2010

MULHIMAH, MULHIMAH (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIK – MANIK BERTANDA PADA PEMBELAJARAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MJ.doc
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh SDN 3 Sesela adalah seringnya diterapkan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Akibatnya siswa lebih banyak bersifat pasif dan guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Hal ini menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga manik-manik bertanda untuk siswa kelas IV dengan jumlah 13 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki di SDN 3 Sesela Gunung Sari Lombok Barat tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunaan manik-manik bertanda pada pelajaran Matematika pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IVA SDN 3 Sesela tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun indikator kinerja tindakan adalah rata-rata skor hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal. Tindakan dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar siswa minimal 65 dan sedikitnya 85% dari banyaknya siswa yang mengikuti tes memperoleh nilai minimal 65. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Dari nilai rata-rata evaluasi siklus I adalah 6,35 dengan ketercapaian hasil belajar 74,23% dan nilai rata-rata evaluasi siklus II adalah 7,5 dengan ketercapaian hasil belajar 85,71 %, ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus ke siklus. Dengan demikian penggunaan alat peraga manik – manik bertanda pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Sesela Gunung Sari Lombok Barat tahun ajaran 2009/2010 ”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Manik-Manik Bertanda, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:25
Last Modified: 31 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7041

Actions (login required)

View Item View Item