PENGGUNAAN KOTAK INSTRUMEN TERPADU (KIT) IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA KELAS V SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2009-2010

SANGGORE, UMMI ZANNA (2010) PENGGUNAAN KOTAK INSTRUMEN TERPADU (KIT) IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA KELAS V SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi ummi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 3 Sandik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui pengunaan KIT IPA pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 3 Sandik. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Sandik sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Jenis penelitian adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari beberpa tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 03 Sandik tahun pelajaran 2009/2010. Jenis data dalam penelitian ini adalah berupa data hasil belajar siswa dan data aktivitas siswa. Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar dalam bentuk soal-soal pilihan ganda, sedangkan data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 85% dan aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila skor aktivitas siswa secara klasikal mencapai kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I dan II diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 9,8 dengan kategori cukup aktif pada siklus I dan 12,5 dengan kategori aktif pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 65,25% dan siklus II 90%, ini berarti bahwa presentase ketuntasn telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yakni 85%. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan KIT IPA dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 03 Sandik tahun plajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KIT IPA dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:24
Last Modified: 31 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7050

Actions (login required)

View Item View Item