PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN No. 5 JEMBATAN KEMBAR TAHUN AJARAN 2009/2010

Muharir, Abdul (2010) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN No. 5 JEMBATAN KEMBAR TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C. BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada masih kurangnya inovatif dan kreatif guru PKn kelas IV SDN No. 5 Jembatan Kembar dalam mencari dan menemukan metode pembelajaran yang dapat merangsang motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran hanya lebih didominasi oleh guru atau guru lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Selain itu, interaksi antara siswa yang satu dengan yang lain juga masih kurang kondusif dan tidak ada inisisatif dari siswa yang lain untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada guru. Dari 30 orang jumlah siswa-siswi kelas IV SDN No. 5 Jembatan Kembar, untuk nilai ulangan hariannya adalah 57,6. Ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)nya 60, berarti hasil ini dapat dikatakan belum mencapai KKM. Sehinga untuk mengataasi masalah pembelajaran di atas, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif metode make a-match dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV SDN No. 5 Jembatan Kembar tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penlitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh yaitu berupa data kuantitatif yang didapat dengan cara memberikan tes prestasi belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode make a-match. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari aktivitas siswa dan data pelaksanaan pembelajaran oleh guru diambil dengan menggunakan lembar observasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menyimpulkan bahwa setelah peneliti memberikan pembelajaran dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode make a-match diperolah nilai rata-rata prestsi belajar siswa pada siklus I sebesar 45,2. Untuk aktivitas siswa skor rata-rata sebesar 9,96 tergolong dalam kaetgori cukup aktif sedangkan untuk skor pelaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 2,63 dengan kriteria cukup baik. Sedangkan pada siklus II diperolah nilai rata-rata prestsi belajar siswa sebesar 64,5. Untuk aktivitas siswa skor rata-rata sebesar 16,66 tergolong dalam kaetgori sangat aktif sedangkan untuk skor pelaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 3,81 dengan kriteria baik Berdasarkan hasil penganalisisan data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif metode make a-match dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV SDN No. 5 Jembatan Kembar tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif, Metode Make a-Match, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:21
Last Modified: 31 Jul 2018 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7071

Actions (login required)

View Item View Item