PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS MELALUI PENGGUNAAN METODE SQ3R (SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SDN 2 BANYUMULEK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

OKTAPIANTI, EKA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS MELALUI PENGGUNAAN METODE SQ3R (SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SDN 2 BANYUMULEK TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
GabuNgan SkripsI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan di SD Negeri 2 Banyumulek bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang baik terutama dalam kegiatan membaca.untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa melalui penggunaan metode SQ3R (survey question read recite review). Model penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kasbolah dan menurut Hopskins dengan menggunakan empat kompenen penelitian tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dalam satu system yang saling terkait. Refleksi dilakukan di setiap akhir siklus yang kemudian dijadikan acuan untuk memperbaiki dan menyusun rencana pembelajaran pada siklus berikutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Banyumulek . mata pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Indonesia dengan sub pokok bahasan menemukan makna tersirat melalui membaca intensif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes uraian, format observasi aktivitas belajar siswa dan mengajar guru. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana peningkatan kemampuan membaca kritis siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R (survey question read recite review). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca kritis siswa setelah dilakukan pembelajaran yaitu siklus I 56%, siklus II 84%. Dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa secara kuantitatif minimal 75%. Aktivitas belajar siswa skor rata-rata yang dicapai setelah dilakukan pengolahan terhadap hasil observasi masih belum memenuhi target yaitu skor rata-rata siswa pada siklus I 19,52, skor tersebut tergolong kurang aktif (belum memenuhi target), Siklus II skor akhir yang diperoleh adalah 22,96, skor tersebut mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Aktifitas mengajar guru terjadi pula peningkatan dari siklus I dan II skenario pembelajaran yang dirancang guru mendapat respon dari siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R (survey question read recite review) dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SDN 2 Banyumulek tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode SQ3R (survey question read recite review), meningkatkan kemampuan membaca kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:20
Last Modified: 31 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item