PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 42 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010/ 2011

HASANAH, HUSWATUN (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 42 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Q.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (177MB)

Abstract

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru yang mengajar disana mengatakan bahwa selama ini minat siswa untuk mempelajari bahasa Indonesia masih terhitung rendah. Sehingga memperoleh prestasi belajar terutama dalam aspek menulis siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi dengan pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 42 Cakranegara Tahun Ajaran 2010/ 2011. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran alam sekitar. Hasil penelitian pada siklus I, pada pertemuan pertama dan kedua aktivitas belajar siswa dikategorikan kurang aktif. Begitu juga dengan aktivitas guru masih tergolong dalam kategori kurang aktif karena masih ada kegiatan pembelajaran yang belum dilaksanakan dengan baik. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa maupun guru sudah tergolong dalam kategori aktif. Guru sudah bisa mengontrol siswa dengan baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 18,0% yaitu 51,47 pada siklus I meningkat menjadi 69,52 pada siklus II. Sedangkan peningkatan prsentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70.9% yaitu 29,03% pada siklus I yang meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan menulis, Deskripsi, Lingkungan sekitar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:20
Last Modified: 31 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7082

Actions (login required)

View Item View Item