Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Luas Bangun Datar Kelas VB SDN 3 Sesela Gunung Sari Tahun Pelajaran 2009/2010.

MOZARITA, BAIQ MEGARANI (2010) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Luas Bangun Datar Kelas VB SDN 3 Sesela Gunung Sari Tahun Pelajaran 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I -III NEW.doc
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas VB SDN 3 Sesela tahun pelajaran 2009/2010 masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang didominasi dan terpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Untuk mengatasi hal ini, guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divsion (STAD) yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep matematika yang abstrak serta dapat mengajak siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pokok bahasan luas bangun datar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus melalui tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Sesela yang berjumlah 37 orang sisiwa terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, tes hasil belajar siswa dan hasil kerja kelompok dengan menggunakan LKS. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan rata-rata prestasi belasjar siswa ditiap siklusnya dan sekurang-kurangnya siswa dapat nilai 65 dan ketuntasan belajar mencapai 85 %. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas 72,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 70,27%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 77,29 dengan presentase ketuntasan klasikal 89,18% dan sudah tercapai ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian dan ketercapaian indikator dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan luas bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VB SDN 3 Sesela Gunung Sari tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi, belajar, kooperatif, STAD, luas bangun datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:20
Last Modified: 31 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7087

Actions (login required)

View Item View Item