S U R Y A N I, S U R Y A N I (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA SEMESTER GANJIL KELAS V SDN 03 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
PROPOSAL.docx Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode eksperimen pada pokok bahasan perubahan sifat benda mata pelajaran IPA semester ganjil kelas V SDN 03 Ampenan Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Dari hasil nilai rata – rata siswa yakni pada siklus I mencapai 70,6 mengalami peningkatan menjadi 88,3 pada siklus II, dan porsentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 58,3 % meningkat menjadi 95,8 % pada siklus II. nilai t_(hitung ) 13,3 sedangkan t_tabel 2,7 dengan tingkat signifikan adalah 0,01 hal ini menujukkan bahwa t_(hitung >) dari t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa antara hasil belajar siklus I dan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa pada siswa kelas V SDN 03 Ampenan Tahun Pelajaran 2010 / 2011.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Eksperimen, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 06:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2018 06:20 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7089 |
Actions (login required)
View Item |