PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN I TAMANSARI LOBAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010.

ULFAH, ANI (2010) PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN I TAMANSARI LOBAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur dalam meningkatkan sumber daya manusia. Di sekolah biasanya hanya menekankan konsep menghafal untuk menentukan sejauh mana pemahaman siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan wali murid kelas IV di SDN I Tamansari pada tanggal 30 Januari 2009 bahwa pendidik lebih mendominasi proses pembelajaran daripada siswa. Pada saat pembelajaran matematika berlangsung guru hanya menyampaikan materi secara verbal sedangkan siswa hanya duduk terpaku memperhatikan apa yang dijelaskan oleh pendidik. Sehingga siswa akan cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan tidak menutup kemungkinan siswa tidak akan memahami apa yang telah dipelajarinya. Pengajaran akan lebih efektif apabila konsep pembelajaran divisualisasikan ke dalam bentuk nyata atau dalam bentuk sebenarnya walaupun tidak sesempurna bentuk aslinya. Peneliti menggunakan media berbasis visual dalam proses pembelajaran dengan tujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media berbasis visual diterapkan dalam pembelajaran pada kelas IV SDN I Tamansari dengan jumlah siswa 29 orang. Instrumen yang digunakan yaitu mengevaluasi hasil belajar dan mengisi lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Cara menganalisis data yaitu data hasil evaluasi dengan menghitung secara deskriftif rata-rata siswa sedang data aktifitas guru dan siswa mengisi lembar observasi dan dihitung sesuai dengan pedoman teknik penilaian yang ada. Setelah menerapkan penggunaan media berbasis visual pada proses pembelajaran, teryata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN I Taman Sari. Dengan kata lain hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan belajaryang telah ditentukan di sekolah terebut. Dalam melakukan penelitian ini diharapkan kepada peneliti sebelumnya untuk dapat menggunakan media berbasis visual dengan sebaik mungkin dan membeuat media lebih banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media berbasis visual, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:04
Last Modified: 31 Jul 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item