PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 KEKAIT TAHUN AJARAN 2009/2010

HARIATI, EVA (2010) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 KEKAIT TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVA.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh guru masih menerapkan metode pembelajaran yang konvensional. Prinsip pengajaran yang baik adalah jika proses belajar mengajar mampu menggembangkan konsep generalisasi dari bahan abstrak menjadi hal yang jelas dan nyata. Maksudnya, proses belajar mengajar dapat membawa perubahan pada diri anak dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari pemahaman yang bersifat umum menjadi khusus. Media pembelajaran dapat membantu menjelaskan bahan yang abstrak menjadi realistik. Permasalahan yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV di SDN 03 Kekait melalui penggunaan media gambar poster”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV di SDN 3 Kekait tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Kekait yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki, dan 5 siswa perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas guru dan siswa di kumpulkan melalui lembar observasi. Hasil observasi guru siklus I memperoleh rata-rata skor 14,1 dengan prosentase 67,14% kriteria cukup baik, sedangkan hasil observasi siswa siklus I memperoleh rata-rata 13,95 dengan prosentase 66,42% kriteria cukup baik . Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 43,3 dan ketuntasan belajar 23,07% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 orang. Pada siklus II, rata-rata kelas mencapai 73,07 dan ketuntasan belajar 76,92% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang, sedangkan hasil observasi guru meningkat di bandingkan siklus I yaitu rata-rata skor 19,12 dengan prosentase 91,42% kriteria baik, sedangkan hasil observasi siswa siklus II 18,15 dengan prosentase 86,42% kriteria baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media gambar poster, Hasil belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:03
Last Modified: 31 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7094

Actions (login required)

View Item View Item