PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI SEMESTER GANJIL SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

A S M A W I, A S M A W I (2010) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI SEMESTER GANJIL SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VI semester I SDN 5 Ampenan Tahun Pelajaran 2010 – 2011 melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Adapun subjek dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Satu siklus dilakukan dalam 1 kali pertemuan dan masing-masing pertemuan terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan/observasi, 4) refleksi. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa siklus I pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Make A Match ketercapaiannya hanya 79,31%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menkadi 93, 10% dan 96,55% pada siklus III. Demikian juga dari analisis keaktifan siswa diperoleh bahwa keaktifan siswa pada siklus I ketercapaiannya nilai rata-rata yang diperoleh 42,42 (sangat aktif), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 43,12 (sangat aktif) dan siklus 44,92 (sangat aktif). Dari analisis hasil belajar ketercapaiannya pada siklus I 48% sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 73% dan siklus ke III ketuntasan sangat meningkat menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa Kelas VI Semester I SDN 5 Ampenan. Adapun saran-saran yang dapat peneliti sampaikan untuk guru, siswa dan sekolah adalah bahwa dalam proses pembelajaran kita harus mampu menciptakan sarana belajar yang kondusif serta dapat memilih metode yang tepat sehingga dapat menunjang seluruh proses pembelajaran berjalan sesuai dengan prosedurnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Pembelajaran IPS, Keaktifan Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:03
Last Modified: 31 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item View Item