UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEKAIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

AR, M. SYAMSUL RIJAL (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEKAIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I skripsi ijang.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V di SDN 1 Kekait tahun pelajaran 2010/2011, melalui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui evaluasi belajar, data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dan data aktivitas guru diperoleh melalui lembar pengamatan aktivitas guru. Hasil penelitian selama tiga siklus mengalami peningkatan prestasi belajar, ketuntasan belajar, aktivitas siswa dan guru. Pada siklus I,II,III rata-rata skor aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 14,50, 17,35, dan 22,30. Sedangkan untuk rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I,II,III: 15,40, 20,70, dan 23,55. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I,II,II adalah: 49,13, 53,29, dan 71,70 . Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I,II,III: 25,0%, 36,36% dan 72,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V SDN 1 Kekait tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:03
Last Modified: 31 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item