DESKRIPSI UNSUR-UNSUR INTRINSIK FILM LASKAR PELANGI SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD KELAS VI

SETIAWATI, NI MADE (2010) DESKRIPSI UNSUR-UNSUR INTRINSIK FILM LASKAR PELANGI SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD KELAS VI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI MADE SETIAWATI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Deskripsi Unsur-unsur Intrinsik Film Laskar Pelangi Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas VI”. Film Laskar Pelangi menceritakan tentang potret pendidikan Indonesia yaitu di Pulau Belitong. Film ini mengisahkan tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang berjuang menuntut ilmu di sebuah sekolah Muhammadiyah yang terancam bubar. Sekolah tersebut dapat terselamatkan karena kehadiran sosok anak yang memiliki keterbelakangan mental yang bernama Harun. Harun merupakan murid terakhir yakni murid ke sepuluh yang datang ke sekolah sehingga SD Muhammadiyah dapat diakui keberadaannya oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Selatan. Hal yang melatarbelakangi peneliti mengangkat judul ini adalah untuk menemukan suatu alternative pembelajaran baru yakni film tidak hanya dapat ditonton tetapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik pada film Laskar Pelangi serta mengetahui relevansi film pada pembelajaran bahasa Indonesia SD Kelas VI. Di dalam mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik yang terkandung dalam film Laskar Pelangi diperlukan sebuah metodelogi penelitian yang sesuai. Peneliti mengggunakan metodelogi penelitian analisis isi. Tehnik analisis data pada film Laskar Pelangi ada tiga komponen yang digunakan yakni : (1) reduksi data, (2) display data (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : Film Laskar pelangi secara umum memiliki tema pendidikan, rangkaian peristiwa yang digunakan adalah alur campuran, di dalam film terdapat dua tokoh utama yang membawa cerita yakni Ikal dan Lintang. Adapun setting film secara keseluruhan di pulau Belitong. Film Laskar Pelangi menggunakan beberapa gaya bahasa perumpamaan yang terdapat dalam percakapan pada film. Pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama dalam menceritakan makna film secara keseluruhan dan sudut pandang orang pertama (aku) adalah Ikal. Film Laskar pelangi memiliki pesan-pesan pendidikan yang berguna membimbing manusia memiliki budi pekerti yang luhur. Adapun relevansi film Laskar Pelangi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia yakni dapat di lihat pada aspek mendengarkan dengan standar kompetensi memahami teks dan cerita anak yang dibacakan dan kompetensi dasar mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Film Laskar Pelangi, unsur-unsur intrinsik, relevansi film pada pembelajaran bahasa Indonesia SD, Made Setiawati.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:04
Last Modified: 02 Aug 2018 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7153

Actions (login required)

View Item View Item