ZAHARA, YUSRIANI (2010) EVEKTIVITAS METODE PENGAMATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PENULISAN LAPORAN DESKRIPSI (STUDI EKSPERIMEN) PADA KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SINGKAT SISWA KELAS V SDN 1 PENGADANG. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
Abstract
Penelitianinidiawalidenganpenerapanmetodepengamatanlingkungandalampenulisanlaporandeskripsi (studieksperimen) padakemampuanmenuliskarangansingkat.Berdasarkanhasilpengalamanmengajarselamainimenunjukkanbahwarendahnyakualitas proses danhasilpenelitianpembelajaranmenulissiswabelumnenunjukkanhasil yang memuaskan. Secaraumum, penelitianinidimaksudkanuntukmengetahuikemampuanmenulissiswadalambentukkarangansingkat, khususnyadikelas V SD 1 pengadangsebagaikelaseksperimandenganmenggunakanmetodepengamatanterhadaplingkungansekitarsekolah.Secarakhusus, penelitianinidiharapkandapatmemperolehgambarantentangkemampuanmenulislaporanhasilpengamatansiswa, baikdarisisipenggunaan kata dalamkalimat, ejaan, dantanda. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatifdenganmetodeeksperiman.Subyeknya 44 0rang siswa, yakni 22 orang siswakelas V SDN 1 Pengadang (kelaseksperiman), dan 22 orang siswakelas V SDN Penimpoh (kelaskontrol). Instrument pengumpulandatanyaadalahtes, observasilapangan, angketdanwawancara. Untukanaliasis data kuantitatifdigunakanteknikanalisisstatistikyaituuji t, sedangkanuntuk data kualitatifdigunakanteknikanalisisdeskripsf. Hasilpenelitianiniadalah (1) pelaksanaanpembelajaranmelaluipengamatanlangsungterhadapkemampuanmenulisdeskripsisiswaberupakarangansingkatpadasiswa SD kelas V terhadapperbedaanpengaruh yang signifikan.Siswa yang mendapatkanpembelajaranmenulisdalambentukkarangansingkatdeskriptifinimelaluipengamatanobyeksecaralangsung , yaknikelas V SDN 1 Pengadangsebagaikelaseksperimen (74,77) yang mempunyaikemampuanmenuliskarangansingkatlebihtinggidaripadasiswa yang mendapatpembelajarandenganmenggunakan media gambarsemata, yaknikelas V SDN Penimpohsebagaikelaskontrol (64, 8). (2) adabeberapakeunggulanpelaksanaanpenulisanlaporandeskripsimelaluipengamatanterhadaplingkungansekitaryakni: meningkatnyaminatdanmotifasisiswauntukmengikutipembelajaran, munculnyakreatifitasdanimajinasisiswadalammenyusunkalimat-kalimatmenjadisebuahtulisan yang baik. Penelitianinidiharapkandapatmembantuataumenjadireferensibagi guru dalammenerapkanmetodepenulisanlaporan yang tepatdalammenulissebuahkarangandeskripsi.Selainitu, hasilpenelitianakanmemberikanmasukanuntukmelakukanpengembanganteori-teoripembelajaranpenulisanlaporandalambentukkarangandeskripsibagisiswakelas V SD. Secarapraktis, penelitianinidapatmenambahwawasantentanglangkah-langkah, pendekatan, metode, strategi, atauteknik-teknik yang mungkindapatdilakukandalammemahamipembelajaranmenulissehinggadapatmeningkatkankemampuanmenulisbagisiswa SD.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci :metodepengamatandanmenulisdeskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 02:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 02:04 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7155 |
Actions (login required)
View Item |