EVEKTIVITAS METODE PENGAMATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PENULISAN LAPORAN DESKRIPSI (STUDI EKSPERIMEN) PADA KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SINGKAT SISWA KELAS V SDN 1 PENGADANG

ZAHARA, YUSRIANI (2010) EVEKTIVITAS METODE PENGAMATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PENULISAN LAPORAN DESKRIPSI (STUDI EKSPERIMEN) PADA KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SINGKAT SISWA KELAS V SDN 1 PENGADANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)

Abstract

Penelitianinidiawalidenganpenerapanmetodepengamatanlingkungandalampenulisanlaporandeskripsi (studieksperimen) padakemampuanmenuliskarangansingkat.Berdasarkanhasilpengalamanmengajarselamainimenunjukkanbahwarendahnyakualitas proses danhasilpenelitianpembelajaranmenulissiswabelumnenunjukkanhasil yang memuaskan. Secaraumum, penelitianinidimaksudkanuntukmengetahuikemampuanmenulissiswadalambentukkarangansingkat, khususnyadikelas V SD 1 pengadangsebagaikelaseksperimandenganmenggunakanmetodepengamatanterhadaplingkungansekitarsekolah.Secarakhusus, penelitianinidiharapkandapatmemperolehgambarantentangkemampuanmenulislaporanhasilpengamatansiswa, baikdarisisipenggunaan kata dalamkalimat, ejaan, dantanda. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatifdenganmetodeeksperiman.Subyeknya 44 0rang siswa, yakni 22 orang siswakelas V SDN 1 Pengadang (kelaseksperiman), dan 22 orang siswakelas V SDN Penimpoh (kelaskontrol). Instrument pengumpulandatanyaadalahtes, observasilapangan, angketdanwawancara. Untukanaliasis data kuantitatifdigunakanteknikanalisisstatistikyaituuji t, sedangkanuntuk data kualitatifdigunakanteknikanalisisdeskripsf. Hasilpenelitianiniadalah (1) pelaksanaanpembelajaranmelaluipengamatanlangsungterhadapkemampuanmenulisdeskripsisiswaberupakarangansingkatpadasiswa SD kelas V terhadapperbedaanpengaruh yang signifikan.Siswa yang mendapatkanpembelajaranmenulisdalambentukkarangansingkatdeskriptifinimelaluipengamatanobyeksecaralangsung , yaknikelas V SDN 1 Pengadangsebagaikelaseksperimen (74,77) yang mempunyaikemampuanmenuliskarangansingkatlebihtinggidaripadasiswa yang mendapatpembelajarandenganmenggunakan media gambarsemata, yaknikelas V SDN Penimpohsebagaikelaskontrol (64, 8). (2) adabeberapakeunggulanpelaksanaanpenulisanlaporandeskripsimelaluipengamatanterhadaplingkungansekitaryakni: meningkatnyaminatdanmotifasisiswauntukmengikutipembelajaran, munculnyakreatifitasdanimajinasisiswadalammenyusunkalimat-kalimatmenjadisebuahtulisan yang baik. Penelitianinidiharapkandapatmembantuataumenjadireferensibagi guru dalammenerapkanmetodepenulisanlaporan yang tepatdalammenulissebuahkarangandeskripsi.Selainitu, hasilpenelitianakanmemberikanmasukanuntukmelakukanpengembanganteori-teoripembelajaranpenulisanlaporandalambentukkarangandeskripsibagisiswakelas V SD. Secarapraktis, penelitianinidapatmenambahwawasantentanglangkah-langkah, pendekatan, metode, strategi, atauteknik-teknik yang mungkindapatdilakukandalammemahamipembelajaranmenulissehinggadapatmeningkatkankemampuanmenulisbagisiswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :metodepengamatandanmenulisdeskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:04
Last Modified: 02 Aug 2018 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7155

Actions (login required)

View Item View Item