KETUNTASAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN MATERI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN ALAT BANTU GARIS BILANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BATU MEKAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

AFNIASIH, NUR (2011) KETUNTASAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN MATERI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN ALAT BANTU GARIS BILANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BATU MEKAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURAFNIASIH.doc
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat menuntut adanya upaya perbaikan kualitas pendidikan secara kontinu. Kenyataan di lapangan meunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, salah satu diantaranya adalah mata pelajaran matematika. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas IV SDN 2 Batu Mekar pada materi hitung bilangan bulat. Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut belum maksimal, dikarenakan siswa seringkali melakukan penipuan diri dimana mereka hanya meniru hasil pekerjaan orang lain dan adakalanya tugas tersebut dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan kompetensi pembelajaran materi hitung bilangan bulat dengan alat bantu garis bilangan mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 2 Batu Mekar. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan alat bantu garis bilangan untuk meningkatkan ketuntasan kompetensi pembelajaran matematika siswa. Jenis penilitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjeknya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Sedangkan pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta tes evaluasi berupa tes isian tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan yang diharapkan yakni pelaksanaan pembelajaran terlaksana secara optimal sampai mencapai 85% dan prestasi belajar siswa dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata siswa 65. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 85% siswa telah mencapai prestasi belajar minimal 65. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari siklus I dan II berturut-turut 47,5 dan 50 yang memiliki kategori aktif dan sangat aktif. Rata-rata skor hasil evaluasi siswa masing-masing 80,8 (siklus I); dan 75,8 (siklus II), dari siklus I ke siklus II mengalami penurunan karena pada siklus II pertemuan II materi pengurangan bilangan bulat negatif dengan negatif lebih sulit sehingga rata-rata prestasi belajar siswa menurun. Rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 78,3. Hasil ini menunjukkan bahwa ketuntasan kompetensi pembelajaran materi hitung bilangan bulat dengan alat bantu garis bilangan mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 2 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun pelajaran 2010/ 2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ketuntasan kompetensi pembelajaran, bilangan bulat, garis bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:03
Last Modified: 02 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item