Komparasi Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Sistem Koloid Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dan Tipe Scramble pada Siswa Kelas XI Semester 2 SMAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011

Farhiyati, Ziadatul (2011) Komparasi Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Sistem Koloid Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dan Tipe Scramble pada Siswa Kelas XI Semester 2 SMAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1-6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dan Scramble pada siswa kelas XI Semester 2 SMA Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik random sampling, yakni kelas XI IPA1 sebagai kelas penerapan Course Review Horay dan kelas XI IPA2 sebagai kelas penerapan Scramble. Data berupa hasil belajar siswa diperoleh melalui tes (pilihan ganda). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji F (uji homogenitas) dan uji-t (uji beda). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh harga thitung (2,46) lebih kecil daripada ttabel (2,00) pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas XI IPA1 dengan model Course Review Horay sebesar 74,72 dan 65,85% lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas XI IPA2 dengan model Scramble yaitu 71,14 dan 60,46%, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada materi pokok sistem koloid lebih baik daripada tipe Scramble.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Course Review Horay, Scramble, Koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:03
Last Modified: 02 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7180

Actions (login required)

View Item View Item