PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CTL ) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 14 MATARAM TAHUN 2009 / 2010

SUKANDI, LENSI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CTL ) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 14 MATARAM TAHUN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi andi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV SDN 14 Mataram pada mata pelajaran IPS dilihat dari nilai rata-rata siswa dalam 3 tahun terakhir. Maka untuk mengatasi permasalahan di atas, salah satu yang bisa dilakukan oleh seorang guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif adalah dengan pendekatan yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Penggunaan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dapat membantu siswa dalam memahami konsep pelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan kontekstual (CTL) Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi danevaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan tiap akhir pertemuan dan tiap akhir siklusnya. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan dengan cara observasiu, selanjutnya data-data tersebut di analisiks. Adapun indikator kerja penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar siswa apabila terjadi peningkatan skor rata-rata dan minimal berkatagori aktif, dan tercapai ketuntasan belajar klasikal minimal 85% siswa mencapai nilai ≥ 65. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I, siklus II, dan siklus III yaitu 16,5 dan 19 dan 20 yang termasuk pada kriteria aktif, sangat aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, dan siklus II adalah 60 dan 70,5, dan 74,5. dan ketuntasan belajar untuk siklus I, dan II,dan III adalah 63 % dan 65 % dan 90%. Peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya disebabkan karena siswa semakin aktif dalam mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan yang dialami oleh siswa, sehingga siswa mampu mengkonstruksi konsep sendiri. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 14 mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kontekstual (CTL), Prestasi Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:03
Last Modified: 02 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7181

Actions (login required)

View Item View Item