MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN MEDIA FOTO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 38 AMPENAN

Mardiani, Rini (2011) MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN MEDIA FOTO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 38 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh penulis terhadap guru dan siswa kelas IV SDN 38 Ampenan melalui observasi dan wawancara, kemampuan berbicara siswa masih tergolong sangat rendah. Terdapat dua faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berbicara siswa yaitu faktor eksternal seperti penggunaan bahasa ibu dalam lingkungan keluarga dan faktor internal seperti pendekatan pembelajaran, metode dan media yang kurang inovatif. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang belum berani tampil dan berbicara di depan kelas. Berdasarkan masalah tersebut, salah satu pemecahan masalah yang dilakukan adalah mengefektifkan penggunaaan media foto untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 38 Ampenan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga proses yaitu observasi awal, pelaksanaan siklus I dan pelaksanaan Siklus II. Dimulai dengan observasi awal untuk mengetahui langkah awal apa saja yang dirancang dan selanjutnya dilakukan pada siklus I dan siklus II untuk kemudian diteliti apakah ada peningkatan kemampuan berbicara dengan mengefektifkan penggunaan media foto. Data kualitatif dianalisis dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai akhir, ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa semula sebanyak 10 orang siswa yang belum tuntas belajar pada siklus I dan pada siklus II seluruh siswa sebanyak 31 orang siswa tuntas belajar. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebanyak 73, 65 meningkat pada siklus II menjadi 77, 54, dengan demikian ketuntasan belajar (KB) diperoleh sebanyak 67, 74% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan minat terhadap pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa hasil dan ketuntasan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara mengefektifkan penggunaan media foto yang dapat menarik minat dan menciptakan imajinasi siswa dalam menemukan serta mengungkapkan ide dalam bentuk uraian cerita dengan urutan yang baik serta suara, intonasi dan ekspresi yang tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media foto dan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:03
Last Modified: 02 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7182

Actions (login required)

View Item View Item