DIAH, HERMAWATI (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA DENGAN MENERAPKAN PETA KONSEP PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER I KELAS III SDN 15 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi bu hermawati yang baru.doc Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama untuk pelajaran Bahasa Indonesia yaitu pada kemampuan bercerita siswa kelas III di SDN 15 Cakranegara. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN 15 Cakranegara dalam bercerita dengan dengan penerapan strategi peta konsep?’. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas III SDN 15 Cakranegara dengan menggunakan peta konsep. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, kemampuan bercerita siswa kelas III dengan menggunakan peta konsep dapat meningkat. Hal ini terbukti dari hasil penilaian rata – rata kemampuan bercerita siswa kelas III SDN 15 Cakranegara pada siklus I nilai rata – ratanya 63,19 artinya nilainya masih kurang di bawah KKM (6,5), sedangkan pada siklus II nilai rata – rata siswa mencapai 74,7 artinya nilai siswa sudah di atas KKM (6,5) sehingga tidak perlu diadakan perbaikan lagi. Untuk persentase ketuntasan pada siklus I adalah hanya 53,12 %, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75 %. Hal ini berarti melebihi persentase ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 80 % sehingga penelitian dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | kemampuan bercerita siswa kelas II |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 01:48 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 01:48 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7184 |
Actions (login required)
View Item |