ANALISIS TEORI GRAF PADA JEJARING SOSIAL BLACKBERRY MESSENGER (BBM) (Studi Kasus : Semua anggota yang tergabung di dalam grup Olshop Rainshop

Anggrainii, Maretha Chintya (2017) ANALISIS TEORI GRAF PADA JEJARING SOSIAL BLACKBERRY MESSENGER (BBM) (Studi Kasus : Semua anggota yang tergabung di dalam grup Olshop Rainshop. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MARETHA CHINTYA ANGGRAINI_G1D 012 023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Social networking website menjadi sebuah layanan yang paling banyak digunakan oleh jutaan masyarakat. Berbagai macam social networking website hadir dalam dunia maya dengan tujuan utamanya adalah mempermudah komunikasi antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Seperti salah satunya komunitas pengguna Blackberry Massenger (BBM). Salah satu contohnya adalah grup Olshop Rainshop yang merupakan sebuah grup di BBM, yang pertama kali dibuat oleh seorang mahasiswi program studi matematika FMIPA UNRAM yang bernama Lita Dwi Ersanti. Tujuan dari penelitian untuk menerapkan Metode Social Network Analisis (SNA) dari suatu jejaring sosial dan bagaimana Metode Social Network Analisis (SNA) menganalisis individu mana saja yang merupakan individu-individu terpenting didalam grup olshop tersebut. Jika keberadaan dari salah satu individu tersebut dihilangkan maka akan menyebabkan terputusnya informasi di dalam grup olshop tersebut, sehingga jalannya grup tersebut tidak berlangsung secara optimal. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa Anggota grup yang memiliki sentralitas derajat paling tinggi yaitu akun atas nama “Lita DE” dengan nilai sentralitas derajat 0,89 dan “Retha” dengan nilai setralitas derajat 0,57 begitu juga yang mempunyai nilai setralitas kedekatan paling tinggi yaitu “Lita DE” nilai sebesar 0,90 dan “Retha” nilai sebesar 0,70. Dimana Lita DE merupakan anggota grup olshop Rainshop yang sekaligus sebagai owner atau orang yang mendirikan Grup olshop Rainshop. Sedangkan Retha merupakan salah satu anggota grup Olshop yang aktif dalam dalam grup olshop tersebut dan paling banyak mempunyai hubungan pertemanan antara anggota olshop yang tergabung dalam grup olshop Rainshop Lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosial Networking Analysis (SNA),Blackberry Messenger (BBM).
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 06 Sep 2017 08:18
Last Modified: 06 Sep 2017 08:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item