PENGARUH IGNITION TIMING DENGAN BAHAN BAKAR LPG TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER

MA’BUD, TOWILAN (2013) PENGARUH IGNITION TIMING DENGAN BAHAN BAKAR LPG TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)

Abstract

Keterbatasan minyak bumi di Indonesia merupakan permasalahan yang memicu masyarakat untuk mencari bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak. Salah satunya yakni dengan pemanfaatan bahan bakar LPG sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Dan untuk meningkatkan performa dan efisiensi penggunaan bahan bakar LPG pada kendaraan bermotor yaitu salah satunya dengan memvariasikan waktu pengapian. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh waktu pengapian terhadap torsi, daya dan specific fuel consumption effective (SFCe) dengan bahan bakar LPG menggunakan konverter kit pada mesin bensin empat langkah satu silinder Honda Astrea Prima 100 cc. Pada penelitian ini waktu pengapian yang divariasikan yakni 15˚, 17˚, 19˚ dan 21˚ sebelum TMA dan untuk putaran mesin ditetapkan pada putaran 1500 rpm, 2500 rpm, 3500 rpm dan 4500 rpm. Dari hasil uji eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan performa mesin yang lebih baik bila waktu pengapian dimajukan lebih awal. Torsi tertinggi pada waktu pengapian 17˚ sebelum TMA sebesar 0,507 kgf.m pada putaran 4500 rpm, daya efektif tertinggi pada waktu pengapian 17˚ sebelum TMA sebesar 3,183 PS pada putaran 4500 rpm, dan SFCe terendah pada waktu pengapian 17˚ sebelum TMA yaitu 0,084 kg/jam.PS pada putaran 4500 rpm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Waktu pengapian, LPG, putaran mesin, performa
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:46
Last Modified: 02 Aug 2018 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7222

Actions (login required)

View Item View Item